Thursday, May 07, 2009
sistem infoermasi manajemen
Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan sekumpulan sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi secara rasional terpadu serta mampu mentransformasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer dan memiliki kriteria mutu yang ditetapkan.
Ciri-ciri sistem informasi manajemen diantaranya :
• Sub sistem
• Menyeluruh
• Terkoordinasi
• Secara rasional terpadu
• Mentransformasikan data
• Meningkatkan produktivitas
• Sesuai dengan gaya dan sifat manajer
• Memiliki kriteria
10 macam kemampuan sistem informasi manajemen :
• Kemampuan pemanfaatan teknologi komputer
• Kemampuan mengelola transaksi secara kelompok
• Kemampuan mengelola transaksi secara tunggal
• Kemampuan mengelola transaksi secara riil time on line
• Kemampuan komunikasi data dan swiching (pemindah) pesan
• Kemampuan transaksi jarak jauh dan pemutasiannya
• Kemampuan pencarian data dan analisis
• Kemampuan pencarian file data
• Kemampuan model dan alogaritma pemecahan masalah
• Kemampuan otomatisasi perkantoran

2. Keputusan adalah proses pemecahan masalah yang dilakukan oleh manajer sebagai pelaksanaan fungsi manajemen.
Masalah adalah penyebab terjadinya antara harapan dengan kenyataan.


Hubungan antara keputusan dengan Sistem Informasi Manajemen (SIM)
KEPUTUSAN :









1. Tiga tipe keputusan / masalah pada perusahaan besar yaitu :
1) Masalah yang tidak terstruktur
Cirinya :
a. Sifat dari masalah tidak terjadi ulang-ulang dan tidak selalu terjadi.
b. Masalah tidak terstruktur banyak dihadapi oleh manajer puncak.
c. Informasi yang dibutuhkan untuk membantu pemecahannya tidak mudah didapat dan tidak selalu tersedia.
2) Masalah terstruktur
Cirinya :
a. Masalah ini lebih banyak dihadapi oleh manajer bawah (lower manajer).
b. Sifat masalahnya selalu berulang dan rutin terjadi sehingga dapat diprogramkan dengan mudah.
c. Informasi yang dibutuhkan banyak tersedia.
3) Masalah semi struktur / masalah semi tidak struktur
a. Masalah ini sebagian dapat diprogramkan dan sebagian tidak dapat diprogramkan sehingga masih dibutuhkan pertimbangan dan analisis perhitungan yang cukup rumit untuk memecahkannya.
b. Masalah ini banyak dihadapi oleh manajer.


Macam-macam laporan untuk masing-masing tipe keputusan/masalah yaitu :
a. Lower Manager
Dengan 3 macam pengelompokan laporan :
• Pengolahan transaksi
• Laporan pengolahan transaksi
• Pengolahan laporan atas pertanyaan
b. Middle Manager
Dengan 6 macam pengelompokan laporan :
• Laporan rencana dan anggaran
• Laporan penjadwalan
• Laporan khusus
• Laporan analisis permasalahan
• Laporan algoritma pemecahan masalah
• Laporan atas pertanyaan
c. Top Manager
Dengan 9 macam pengelompokan laporan :
• Laporan prospek perekonomian diberbagai bidang
• Laporan lingkungan politik
• Laporan kemajuan dan prestasi perusahaan
• Laporan prospek perindustrian diberbagai negara
• Laporan kemampuan pesaing
• Laporan peluang bagi karya usaha
• Laporan proyeksi kemampuan dan prestasi perusahaan dimasa yang akan datang
• Laporan prospek kebutuhan sumber daya

2. Proses data pada komponen administrasi dan operasional yaitu:
• Penangkapan data / data capture
• Pilihan data / data preparation
• Pemasukan data / data entry

Cara untuk mengurangi data tetapi tidak mengurangi kelengkapannya yaitu:
• Menggunakan kode
• Menggunakan file induk
• Proses perhitungan dilakukan oleh komputer
• Data yang berkaitan dengan tanggal, hari, bulan, tahun dan waktu menit

3. Sistem data base merupakan file komputer yang menggunakan cara pengorganisasian file tertentu yang bertujuan untuk mempercepat pembahasan masing-masing rikod serta pembaharuan atas rikod yang terbaik dan untuk mempermudah, mempercepat akses terhadap seluruh rikod melalui program aplikasi serta akses yang cepat terhadap data simpanan yang digunakan untuk menyusun laporan.

Macam-macam file yang ada dalam data base antara lain:
• File induk yaitu file yang isinya relatif tetap
• File transaksi/input yaitu file yang digunakan untuk merekan data dari hasil suatu transaksi
• File laporan yaitu file yang berisi informasi akan ditampilkan sebelum cetakan printer
• File sejarah yaitu file yang berisi data masa lalu yang sudah tidak dipakai dalam transaksi
• File pelindung / salinan yaitu file cadangan dari file-file aktif dari sistem data base yang digunakan untuk mengganti saat file aktif terjadi kerusakan dan bentuk file dibuat secara periode
• File kerja/file sementara yaitu file yang digunakan oleh program komputer dan digunakan apabila memori komputer tidak mencukupi




4. Tiga Fungsi Data Base Manajemen Sistem (DBMS) yaitu:
• Mengatur lalu lintas data
• Memelihara data
• Melindungi data
5. Gambarkan :
a. Tiga bentuk geografi data base yaitu
1) Geografi data base tersebar
Merupakan tempat penyimpanan data base yang ditempatkan pada masing-masing fungsi.














2) Geografi Data Base Terpusat
Merupakan data base yang tersimpan dengan wilayah penyimpanan ditempatkan pada suatu tempat yang sama secara terpadu tetapi pengolahan data dapat dilakukan secara tersebar.






3) Geografi Data Base Terdistribusi
Merupakan data base terpusat terpenuhi dan data base tersebar pun terpenuhi.















b. Komponen Data Base Manajemen Sistem (DBMS)

















c. Siklus Pengendalian



Feed back






Feed back forward






posted by baragazul @ 8:28:00 pm  
0 Comments:

Post a Comment

tanx for coment

<< Home
 
 
 
About Me


Name: baragazul
Home: bandung, jawa barat, Indonesia
About Me: saya ini seorang anak hilang,,kenapa disebut anak hilang..??? karena saya jarang pulang kerumah....!!! haha,, kaya bang toyib ajah.... hingga sekarang,,anak hilang sudah bagian ke-5
See my complete profile

Previous Post
Archives
Links
Template by
Blogger Templates